JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 53 )
Jurnal Harian
Tanggal 22 Agustus 2025
Hari : Jum'at
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman Nurdin ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 09:00 - 09:15 )
- Jam 09:06, Absen pagi.
- Karena shift siang saya hanya membereskan sisa yang berantakannya saja (seperti mengelap etalase, dll)
- Hari ini, saya memegang HP toko, HP service, dan HP online shop, karena K2 sedang libur sesuai jadwal yang telah ditentukan pada tanggal 22 Agustus 2025.
- Pada pukul 09:15, saya melayani sendiri customer pertama saya yang membeli Tinta Epson 003 Original - BK.
- Pada pukul 09:30, saya melayani sendiri customer kedua saya yang membeli RJ45 CAT 6 NYK ISI 50.
- Sekitar pukul 10:00, Kang Fikih meminta saya untuk menyimpan kontak customer di WhatsApp HP Service yang belum disimpan. Saya kemudian menyimpan kontak-kontak tersebut hingga selesai Jum'at an.
Siang - Sore
- Pada pukul 14:15, seorang pelanggan menghubungi WhatsApp toko untuk menanyakan ketersediaan printer L3210. Saya membalas sekaligus menyebutkan harganya. Pelanggan setuju dan datang ke toko sekitar pukul 15:00. Untuk pembelian printer dilayani oleh Kang Rukman, sedangkan saya hanya membantu. Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer.
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
- Pada pukul 14:55, saya melayani sendiri customer ketiga saya yang membeli Cartridge HP 682 Color dan Black.
- Sekitar pukul 15:05, saya membantu Kang Rukman dan Kang Nurdiansyah untuk melayani customer yang membeli Tinta Premium dengan membantu mencetak bon dan menyerahkan barang tersebut kepada customer.
- Sekitar pukul 15:20, saya membantu melayani customer yang ingin mengambil kembali laptop yang sudah di service dan memanggil teknisi yang menangani perbaikannya untuk menyerahkannya.
- Seperti biasa, karyawan meminta saya mencetak bon untuk customer yang baru mengambil service ( laptop, printer & PC ). Ini merupakan tugas rutin saya ketika ada customer yang mengambil barang yang sudah diservice, saya akan diminta untuk mencetak bon atas nama customer, yang kemudian ditempelkan pada bon manual. Terkadang saya juga diminta untuk langsung menempelkan bon tersebut di bon manual.
- Selama menjalankan kegiatan tersebut, saya tetap memantau hp toko, hp service dan hp online shop.
- Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar
Posting Komentar