JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 60 )

Jurnal Harian

Tanggal 29 Agustus 2025


Hari : Jum'at

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi - Sore (08:00 - 17:00)

  • Jam 08:04, Absen pagi.
  • Karena shift pagi saya membersihkan toko, dan saya sebagai K1 tidak lupa menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan.
  • Pada pukul 09:03, seorang customer menghubungi via WhatsApp kami untuk menanyakan tentang Hub 5 port. Saya membalasnya dengan mengirimkan foto beserta harga barang tersebut. Kemudian, pada pukul 13:05, customer tersebut datang ke toko untuk membeli barang tersebut, dan saya membantu dalam melayani transaksi.
  • Sekitar pukul 09:57, kami ( K1 & K2 ) membungkus kue ke dalam plastik-plastik sebagai persiapan untuk kegiatan Jum'at Berkah.
  • Sekitar pukul 11:00, saya melayani sendiri cutomer yang membeli kabel power adaptor / charger laptop panjang 3 lubang. ( yang membeli tersebut adalah kedua teman sekelas saya )
  • Pada pukul 12:17, kami ( K1 & K2 ) membagikan kue yang telah dibungkus tadi kepada orang-orang yang telah selesai melaksanakan salat jum'at.
  • Pada pukul 13:20, saya membantu melayani customer yang ingin mengambil kembali Laptop yang sudah di service dan memanggil teknisi yang menangani perbaikannya untuk menyerahkannya.
  • Seperti biasa, karyawan meminta saya mencetak bon untuk customer yang baru mengambil service ( laptop, printer & PC ). Ini merupakan tugas rutin saya ketika ada customer yang mengambil barang yang sudah diservice, saya akan diminta untuk mencetak bon atas nama customer, yang kemudian ditempelkan pada bon manual. Terkadang saya juga diminta untuk langsung menempelkan bon tersebut di bon manual.
  • Saat ada jadwal kosong, seperti ketika tidak ada customer maupun chat WhatsApp, sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata, sehingga tidak merasa bosan.
  • Pada pukul 14:59, saya membantu Kang Rukman melayani customer yang membeli Keyboard dan Dongle wifi. Customer melakukan pembayaran keyboard melalui transfer, sedangkan untuk dongle wifi dibayar secara tunai.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
  • Pada pukul 16:30, saya melayani customer yang membeli HDMI To VGA.
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service dan hp online shop.
  • Pulang pada pukul 17:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)