JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 63 ) PEMBARUAN JADWAL

Jurnal Harian

Tanggal 1 September 2025


Hari : Senin

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Jadwal baru

Yang masuk pagi harus sudah datang pada pukul 08:30 ( Maxsimal )

Yang masuk siang harus sudah datang pada pukul 09:30 ( Maxsimal )


Aturan sanksi keterlambatan pagi adalah sebagai berikut:

  • -Jika terlambat lebih dari 08:30, maka harus berjaga hingga pukul 18:00 di hari yang sama (dengan toleransi keterlambatan maksimal 15 menit).
  • -Jika terlambat lebih dari 30 menit, maka di hari berikutnya juga harus pulang jam 18:00.
  • -Jika dalam satu minggu terjadi 2 kali keterlambatan, maka di minggu berikutnya harus berjaga penuh dari pukul 08:30 hingga 18:00 selama satu minggu penuh.


Kegiatan

Pagi - Sore (09:00 - 18:00)

  • Jam 08:59, Absen pagi.
  • Karena shift siang saya hanya membereskan sisa yang berantakannya saja (seperti mengelap etalase, dll)
  • Tugas saya dalam seminggu kedepan adalah menjaga kasir tanpa memegang HP, terkecuali saat K2 pulang pada pukul 17.00 dan saya akan bertanggung jawab menjaga HP hingga saya pulang pada pukul 18.00.
  • Pada pukul 08:00, saya langsung diminta melayani customer yang membeli Keyboard dan Mouse.
  • Pada pukul 09:15, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Headset Bluetooth. Saya kemudian mengirimkan foto barang dengan merek yang berbeda ( Fantech, Olike dan Jete ) beserta harga masing-masingnya.
  • Pada pukul 10:10, saya melayani customer yang mengambil printer yang telah selesai diperbaiki. Saya meminta tanda terima dari customer tersebut, kemudian memindainya untuk menampilkan data pelanggan. Setelah memastikan nama pelanggan dan jenis barang, saya langsung memberi tahu teknisi untuk menyerahkan printer tersebut.
  • Seperti biasa, karyawan meminta saya mencetak bon atas nama customer, yang kemudian ditempelkan pada bon manual / Tanda terima.
  • Pada pukul 15:08, saya melayani customer yang membeli Dongle Bluetooth, dengan dibantu Kang Rukman.
  • Seorang customer menghubungi via WhatsApp kami untuk menanyakan Data print 27 & 28 ( DP 27 & 28 ). K1 membalasnya dengan mengirimkan foto beserta harga barang tersebut. Kemudian, pada pukul 15:10, customer tersebut datang ke toko untuk membeli barang tersebut, dan bagian saya yang melayani transaksi pembelian offline.
  • Pada Pukul 17:55, saya melayani sendiri customer yang membeli Keyboard Protektor Besar.
  • Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)