JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 64 )

Jurnal Harian

Tanggal 2 September 2025


Hari : Selasa

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 08:00 - 11:00 )

  • Jam 07:59, Absen pagi.
  • Karena shift pagi saya membersihkan toko, dan saya sebagai K1 tidak lupa menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan.
  • Sekitar pukul 08:20, pelanggan yang kemarin bertanya tentang headset Bluetooth melalui WhatsApp dan berencana pengiriman besok, tiba-tiba meminta agar produk diantarkan ke lokasi hari ini pukul 09:00. Saya kemudian menyiapkan barangnya dan mengirimkan nomor serta alamat pelanggan tersebut ke kurir toko kami untuk proses pengiriman.
  • Sekitar pukul 08:30, ada pelanggan yang menanyakan ketersediaan tinta Epson Original 664 warna hitam dengan mengirimkan foto produk. Saya membalas pertanyaan tersebut dengan mengirimkan foto produk dan harga. Kemudian, pada pukul 10:48, pelanggan tersebut meminta agar tinta tersebut diantarkan ke lokasinya.
  • Sekitar pukul 09:20, Kang Fikih meminta saya untuk mencetak bon atas nama pelanggan karena saat itu dia sedang melakukan pengecekan bon dan tanda terima untuk pendataan.
  • Pada pukul 09:45, saya melayani customer yang membeli kabel HDMI, dengan dibantu kang Fikih.

Siang - Sore 
  • Pada pukul 12:45, saya melayani sendiri customer yang membeli Keyboard M-Tech.
  • Pada pukul 12:54, saya melayani customer yang membeli Tinta Epson 664 Original - Hitam, dengan dibantu kang Rukman.
  • Seperti biasa, ketika barang baru datang, saya langsung menulis kode pada barang.

  • Sekitar pukul 14:50, pelanggan datang untuk mengambil printer. Namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima, sehingga saya meminta informasi atas nama siapa yang mengambil. Setelah mengetahui nama pelanggan, saya langsung memanggil teknisi yang menangani perbaikannya untuk menyerahkannya.
  • Seperti biasa, karyawan meminta saya mencetak bon untuk customer yang baru mengambil service ( laptop, printer & PC ). Ini merupakan tugas rutin saya ketika ada customer yang mengambil barang yang sudah diservice, saya akan diminta untuk mencetak bon atas nama customer, yang kemudian ditempelkan pada bon manual. Terkadang saya juga diminta untuk langsung menempelkan bon tersebut di bon manual.
  • Pada pukul 15:33, saya melayani customer yang membeli TP-Link USB WIFI, dengan dibantu Kang Rukman. Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer sebesar Rp130.000 dan cash sebesar Rp20.000.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
  • Pulang pada pukul 17:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)