JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 70 )

Jurnal Harian

Tanggal 8 September 2025


Hari : Senin

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 09:00 - 09:15 )

  • Jam 09:01, Absen pagi.
  • Karena shift siang saya hanya membereskan sisa yang berantakannya saja (seperti mengelap etalase, dll)
  • Seminggu kedepan, saya hanya fokus memegang HP untuk membalas pesan dan mengangkat telepon, baik melalui WhatsApp maupun panggilan biasa, karena selama seminggu ini tugas utama saya adalah menangani komunikasi via HP.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
  • Pada pukul 10:28, saya menerima pesan WhatsApp dari seorang customer yang menanyakan laptop second untuk keperluan anak sekolah SMK kelas 1. Saya langsung membalas dengan mengirimkan foto barang, beserta harga dan spesifikasinya.
  • Pada pukul 11:20, saya bersama KT2 melakukan wrapping kembali pada laptop yang sebelumnya dibuka wrapping-nya karena digunakan untuk pembuatan konten.
  • Seperti biasa, ketika bon manual hampir habis, saya diminta untuk menuliskan nomor nota pada bon manual tersebut.
  • Pada pukul 13:05, ada customer yang datang untuk mengambil service laptop. Saat saya mencoba men-scan tanda terimanya, proses tidak berhasil. Karena sebelumnya saya sudah menjelaskan kepada teknisi mengenai kendala tersebut, teknisi langsung memahami dan mengambil alih tanda terima, lalu menyerahkan laptop kepada customer.
  • Pada pukul 13:56, saya melayani sendiri customer yang membeli Kabel Power Adaptor/ Charger laptop 3 Lubang.
  • Pada pukul 14:04, ada customer yang menelpon melalui WhatsApp toko untuk menanyakan ketersediaan keyboard Logitech tipe kabel. Setelah telepon berakhir, saya langsung mengirimkan foto barang beserta harganya. Pada pukul 14:15, customer tersebut datang ke toko untuk melakukan pembelian, dan saya langsung melayaninya sendiri.
  • Pada pukul 17:18, saya melayani customer yang membeli tinta Epson Ori 003 - Black (BK), dengan dibantu kang Rukman.
  • Pada pukul 17:20, saya melayani customer yang membeli Kabel Power Adaptor/ Charger laptop 3 Lubang, dengan dibantu Kang Rukman.
  • Seperti biasa, ketika ada customer yang meminta layanan antar-jemput atau tidak datang langsung ke toko, karyawan akan meminta saya untuk membuatkan transaksi. Contohnya, hari ini saya diminta membuat transaksi untuk customer yang printernya dijemput untuk diservice, kemudian diantar kembali ke lokasi customer. Hari ini saya membuat transaksi seperti itu sebanyak 2 kali.
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service dan hp online shop.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
  • Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)