JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 74 )
Jurnal Harian
Tanggal 12 September 2025
Hari : Jum'at
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman Nurdin ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 09:00 - 09:15 )
- Jam 08:59, Absen pagi.
- Karena shift siang saya hanya membereskan sisa yang berantakannya saja (seperti mengelap etalase, dll)
- Pada pukul 09:20, saya langsung membersihkan bagian cctv yang terletak di depan toko, karena jika teman saya yang tugasnya jadi delivery langsung pergi dan tidak sempat membersihkan, maka itu menjadi tanggung jawab bersama antara kami ( K1 & K2 ), yang bertugas datang di shift siang.
- Sekitar pukul 09.30, saya melihat area kasir terlihat berantakan, sehingga saya langsung membereskan semuanya. Saya meletakkan benda-benda yang sering dicari di dekat saya agar lebih mudah ditemukan.
- Sekitar pukul 09:40, kami ( K1 & K2 ) membungkus kue ke dalam plastik-plastik sebagai persiapan untuk kegiatan Jum'at Berkah.
- Sekitar pukul 10:00, saya melayani customer yang membeli EVOPlus 64GB SAMSUNG.
- Pada pukul 10:28, saya melayani customer yang membeli GT 53 - Hitam Original. Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer.
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
- Sekitar pukul 11:00, saya melanjutkan untuk menghitung jumlah fisik barang yang ada di toko dan mencocokkannya dengan data di aplikasi penjualan (OSPOS) dan stok fisiknya.
- Pada pukul 12:17, saya membagikan kue yang telah dibungkus tadi kepada orang-orang yang telah selesai melaksanakan salat jum'at.
- Pada pukul 12:43, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Display port to HDMI. Saya kemudian mengirimkan foto barang tersebut beserta harga nya. Pada pukul 14:01, customer tersebut datang ke toko untuk melakukan pembelian, dan saya turut serta dalam proses transaksi tersebut. ( membelinya 2 pcs )
- Seperti biasa saat ada jadwal kosong, seperti ketika tidak ada customer maupun chat WhatsApp, sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata, sehingga tidak merasa bosan.
- Pada pukul 13:53, saya membantu kang Rukman melayani customer yang membeli Keyboard.
- Sekitar pukul 14:30, saya diminta Pak Ahmad menyapu area luar karena banyak daun dan sampah berserakan.
- Pada pukul 17:15, saya melayani sendiri customer yang membeli Tinta Epson ori 003 - Black. Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer.
- Pada pukul 16:59, customer menanyakan melalui WhatsApp mengenai Canon Pixma E410 cartridge hitam dan warna. Saya langsung menyebutkan harga masing-masing cartridge. Customer tersebut kemudian meminta agar barang diantarkan ke alamatnya. Untuk transaksi ini tidak menggunakan bon cetak, melainkan bon manual yang saya buat sendiri.
- Seperti biasa, apabila tidak menggunakan bon cetak, saya diminta untuk membuat bon manual sebagai bukti transaksi.
- Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service dan hp online shop.
- Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
- Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar
Posting Komentar