JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 91 )
Jurnal Harian
Tanggal 29 September 2025
Hari : Senin
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman Nurdin ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 08:00 - 11:00 )
- Jam 08:07, Absen pagi.
- Pada shift pagi, saya mulai dengan membersihkan toko dengan menyapu lantai hingga bersih, kemudian melanjutkan dengan mengepel. Sebagai K1, saya juga menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan sebagai persiapan transaksi. Setelah selesai mengepel, saya langsung diminta oleh Kang Rukman untuk sekalian membersihkan bagian CCTV.
- Tugas saya selama satu minggu ke depan adalah menjaga kasir secara penuh sekaligus memegang HP untuk keperluan operasional.
- Pada pukul 08:49, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Cartridge HP 803 yang Color dan Black. Saya kemudian mengirimkan foto barang (Cartridge HP Original - BK ECO 803 dan Cartridge HP Original - CL 803) tersebut beserta harga masing-masingnya. Kemudian, customer tersebut meminta agar Cartridge tersebut diantarkan ke lokasinya. Setelah itu saya menyiapkan barangnya dan mengirimkan nomor serta alamat (Sherloc) pelanggan tersebut ke kurir toko kami untuk proses pengiriman. ( Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer. )
- Sekitar pukul 09:30, saya melayani customer yang membeli Tinta Epson 003 Ori warna Magenta.
- Pada pukul 10:31, saya melayani customer yang membeli Tinta Epson Ori 003 Warna Hitam.
- Saya membuat bon transaksi untuk customer yang sudah mengambil laptop hasil servis.
Siang - Sore
- Pada pukul 11:30, saya melayani customer yang membeli Tinta Epson Premium 003 warna Magenta dan Yellow.
- Pada pukul 13:39, saya melayani sendiri customer yang membeli Tinta Epson 664 Ori warna Hitam.
- Pada pukul 14:10, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Printer Infus yang bisa Scan/Copy. Saya kemudian mengirimkan daftar printer dengan merek Canon dan Epson, lengkap dengan harga masing-masing modelnya. Dari daftar tersebut, ia tertarik pada printer merek Canon. Kemudian, customer tersebut meminta agar printer tersebut diantarkan ke lokasinya. Untuk itu, saya mengirimkan nomor serta alamat (Sherloc) pelanggan tersebut ke kurir toko kami untuk proses pengiriman. ( Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer. )
- Hari ini saya melayani tiga customer yang datang untuk mengambil laptop hasil servis. Saya meminta tanda terima dari masing-masing customer untuk dipindai, namun satu tanda terima tidak berhasil dipindai, sedangkan dua lainnya berhasil.
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 09:35, cek tf sudah pembelian Cartridge HP Ori.
- Pada pukul 12:31, cek tf sudah pembayaran Keyboard.
- Pada pukul 16:44, cek tf sudah pembayaran ganti baterai dan tambah SSD.
- Pada pukul 16:40, cek tf sudah pembayaran service Laptop.
- Pada pukul 17:00, cek tf sudah pembelian Printer Canon.
- Selama menjalankan kegiatan lain, saya juga tidak melalaikan tugas untuk memantau HP toko, HP service, dan HP online shop.
- Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
- Pulang pada pukul 17:00 WIB.

Komentar
Posting Komentar