JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 93 )
Jurnal Harian
Tanggal 1 Oktober 2025
Hari : Rabu
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman Nurdin ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 08:00 - 11:00 )
- Jam 08:01, Absen pagi.
- Karena shift pagi saya membersihkan toko, dan saya sebagai K1 tidak lupa menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan.
- Sekitar pukul 08:55, saya melayani sendiri customer yang membeli USB DONGLE BLUETOOTH.
- Sekitar pukul 09:00, saya membantu Kang Nurdiansyah melayani customer yang membeli Fantech Wave11 TWS11.
- Sekitar pukul 10:30, saya melayani customer yang membeli kabel USB pemanjang/ Extension 3M, dengan dibantu kang Fikih.
- Seperti biasa saat ada jadwal kosong, seperti ketika tidak ada customer maupun chat WhatsApp, sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata, sehingga tidak merasa bosan.
Siang - Sore
- Pada pukul 11:28, Saya membuat bon transaksi di aplikasi penjualan (OSPOS) untuk customer yang baru sudah mengambil Printer hasil servis dan kemudian mencetaknya.
- Pada pukul 12:18, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan ketersediaan Kabel Power untuk PC. Saya kemudian mengirimkan foto barang tersebut beserta harga nya.
- Pada pukul 12:25, Saya membuat bon transaksi untuk customer yang sudah mengambil service dan pembelian Cooling Pad. ( Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer. )
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 12:23, cek tf sudah pembayaran Repasta dan pembelian Cooling Pad.
- Pada pukul 12:33, cek tf pembayaran pemasangan CCTV.
- Pada pukul 15:23, cek tf sudah pembayaran service Printer. (yang kemaren service baru tf sekarang)
- Sekitar pukul 14.05, saya melayani customer yang datang untuk mengambil printer hasil servis, namun tidak membawa tanda terima. Setelah menanyakan atas nama siapa, dan memastikan identitasnya, saya memanggil teknisi untuk menyerahkan printer tersebut. Kemudian, sekitar pukul 14.35, saya mencetak bon atas nama customer tersebut dan menempelkannya pada bon manual beserta tanda terimanya.
- Pada pukul 14:20, Saya membuat bon transaksi untuk customer yang sudah mengambil Printer hasil service dan pembelian Protektor Keyboard besar.
- Seperti biasa, ketika barang baru datang, saya menulis kode pada barang, memberi label, dan merapikan barang yang sudah dilabeli ke dalam etalase/stok. (Sekitar pukul 16:00, kodein Ram)
- Selama menjalankan kegiatan lain, saya juga tidak melalaikan tugas untuk memantau HP toko, HP service, dan HP online shop.
- Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
- Pulang pukul 17:00 WIB.

Komentar
Posting Komentar