JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 95 )

Jurnal Harian

Tanggal 3 Oktober 2025


Hari : Jum'at

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 08:00 - 11:00 )

  • Jam 07:58, Absen pagi.
  • Pada shift pagi, saya mulai dengan membersihkan toko dengan menyapu lantai hingga bersih, kemudian melanjutkan dengan mengepel. Sebagai K1, saya juga menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan sebagai persiapan transaksi. Setelah selesai mengepel, saya langsung diminta oleh Kang Rukman untuk sekalian membersihkan bagian CCTV.
  • Sekitar pukul 08:30, saya melayani customer yang membeli mouse.
  • Seperti biasa, ketika barang yang belum dikodein, saya menulis kode pada barang, memberi label, dan merapikan barang yang sudah dilabeli ke dalam etalase/stok. ( sekitar pukul 09:00, Processor )
  • Pukul 09:28, saya membantu Kang Nurdiansyah melakukan packing PC.
  • Sekitar pukul 10:00, saya diminta oleh Kang Rukman untuk pergi ke Borma sendirian untuk membeli tisu.

Siang - Sore 
  • Seperti biasa saat ada jadwal kosong, seperti ketika tidak ada customer maupun chat WhatsApp, sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata, sehingga tidak merasa bosan.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 13:00, cek tf sudah pembayaran Service Printer.
- Pada pukul 15:01, cek tf sudah pembelian komputer pc full set.
  • Pada pukul 14:05, saya diminta oleh Kang Rukman untuk membuat bon manual. Saya kemudian membuat bon manual sesuai permintaannya. Setelah selesai, saya menyerahkan lembar putih bon manual tersebut kepada Kang Rukman untuk dibawa ke lokasi pengantaran barang customer, sementara lembar kuningnya saya simpan di toko sebagai arsip.
  • Seperti biasa, karyawan meminta saya untuk mencetak bon atas nama customer, yang kemudian ditempelkan pada bon manual. Saya mencetak 7 bon dan menempelkannya pada 5 lembar bon manual.
  • Pukul 14:13, ada customer yang menanyakan monitor melalui WhatsApp. Saya kemudian mengirimkan foto-foto monitor baru dan second dari berbagai merek seperti XYZ, LG, dan Samsung, beserta harga masing-masing. Pelanggan tersebut tertarik dengan merek XYZ dan datang langsung ke toko sekitar pukul 15:05 untuk melakukan pembelian. Setelah itu, saya memproses transaksi pembelian tersebut.
  • Sekitar pukul 15:20, saya membantu Kang Nurdiansyah untuk memeriksa unit laptop pelanggan yang akan dijual ke toko kami dengan cara mengambil foto-foto penting dari unit tersebut untuk dikirimkan kepada owner untuk mendapatkan persetujuan.
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya juga tidak melalaikan tugas untuk memantau HP toko, HP service, dan HP online shop.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
  • Pulang pukul 17:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)