JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 96 )

Jurnal Harian

Tanggal 4 Oktober 2025


Hari : Sabtu

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 08:00 - 11:00 )

  • Jam 08:04, Absen pagi.
  • Karena shift pagi saya membersihkan toko, dan saya sebagai K1 tidak lupa menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan.
  • Pada pukul 08:41, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Thermal Pasta Suntik. Saya kemudian mengirimkan foto barang tersebut beserta harganya. Kemudian, customer tersebut meminta agar Thermal Pasta Suntik tersebut diantarkan ke lokasinya. Setelah itu saya menyiapkan barangnya dan mengirimkan nomor serta alamat (Sherloc) pelanggan tersebut ke kurir toko kami untuk proses pengiriman.
  • Sekitar pukul 08:50, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Laptop. Saya kemudian mengirimkan foto barang tersebut beserta harganya. Sekitar pukul 09:50, customer tersebut datang ke toko untuk melakukan pembelian. ( Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer. )
  • Sekitar pukul 09:00, saya diminta untuk memeriksa instalasi laptop. Lalu pada pukul 13:15, setelah laptopnya terisi penuh, Kang Nurdiansyah meminta saya untuk menguji kekuatan baterai laptop HP dengan cara memutar video di YouTube.

  • Seperti biasa, ketika barang baru datang, saya menulis kode pada barang, memberi label, dan merapikan barang yang sudah dilabeli ke dalam etalase/stok. ( Sekitar pukul 09:34, saya melabeli SSD dan Processor 1 )
  • Sekitar pukul 09:35, saya membantu Kang Rukman melayani customer yang membeli mouse logitech M90.
  • Sekitar pukul 10:40, saya melayani customer yang membeli kabel USB TO USB 1.5M, dengan dibantu kang Fikih. ( Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer. )
  • Pada pukul 10:13, saya membalas chat WhatsApp dari customer yang menanyakan Printer. Saya kemudian mengirimkan foto barang dengan merek Canon (karena sebelumnya pelanggan lebih memilih merek Canon setelah saya menyebutkan beberapa opsi) beserta harganya. Sekitar pukul 11:40, customer tersebut datang ke toko untuk melakukan pembelian. ( Customer tersebut melakukan pembayaran melalui transfer. )

Siang - Sore 
  • Sekitar pukul 15:00, saya melayani customer yang membeli mouse Logitech.
  • Pada pukul 15:50, Saya membuat bon transaksi di aplikasi penjualan (OSPOS) untuk customer yang baru sudah Service PC dan kemudian mencetaknya.
  • Sekitar pukul 16.20, saya melayani customer yang datang untuk mengambil printer yang telah diservis. Setelah saya melakukan proses scan, saya memanggil teknisi untuk menyerahkan printer kepada customer. Selanjutnya, saya membuat transaksi di OSPOS. Selain itu, customer juga membeli Olike OTG64.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 10:00, cek tf sudah pembelian Laptop.
- Pada pukul 10:43, cek tf sudah pembelian USB to USB 1.5M.
- Pada pukul 12:31, cek tf sudah pembayaran install ulang.
- Pada pukul 15:05, cek tf sudah pembelian mouse Logitech
- Pada pukul 15:12, cek tf sudah pembayaran service pc
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya juga tidak melalaikan tugas untuk memantau HP toko, HP service, dan HP online shop.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
  • Pulang pukul 17:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)