JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 98 )

Jurnal Harian

Tanggal 6 Oktober 2025


Hari : Senin

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 08:00 - 11:00 )

  • Pukul 08:57, Absen pagi.
  • Karena shift siang saya hanya membereskan sisa yang berantakannya saja (seperti mengelap etalase, dll)
  • Tugas saya dalam seminggu kedepan adalah menjaga kasir tanpa memegang HP.
  • Pada pukul 09:00, saya melihat area kasir terlihat berantakan, sehingga saya langsung membereskan semuanya. Saya meletakkan benda-benda yang sering dicari di dekat saya agar lebih mudah ditemukan.
  • Sepanjang hari, saya diminta oleh Kang Rukman untuk melakukan pengujian pada laptop Lenovo yang baru datang dengan membuka YouTube sebagai media uji guna memastikan performa serta ketahanan baterai perangkat tersebut.


  • Pada pukul 09:40 sampai 11:00, saya mengambil alih tugas sebagai operator HP karena kasir yang bertugas diminta untuk mengantarkan printer ke SMK Negeri 4 Padalarang.
  • Pada pukul 10:30, saya melayani pelanggan yang datang untuk melakukan servis printer dan kemudian memanggil teknisi untuk melaksanakan proses servis sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Pada pukul 10:55, saya melayani pelanggan yang datang untuk melakukan servis laptop yang mengalami masalah bluescreen, kemudian saya memanggil teknisi untuk menangani permasalahan tersebut.

Siang - Sore 
  • Pada pukul 11:57, saya melayani sendiri pelanggan yang melakukan pembelian tinta Epson 003 Original warna hitam dan transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.
  • Sekitar pukul 14:50, seorang pelanggan datang untuk mengambil Laptop. Namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima, sehingga saya meminta informasi atas nama siapa pengambilan dilakukan. Setelah mendapatkan nama pelanggan, saya langsung memanggil teknisi yang menangani perbaikan Laptop tersebut untuk proses penyerahan. Selanjutnya, saya membuat transaksi di aplikasi penjualan (OSPOS), mencetak bukti transaksi, dan menyerahkannya kepada pelanggan.
  • Sekitar pukul 15:00, saya melayani seorang pelanggan yang melakukan pembelian flashdisk SanDisk berkapasitas 32GB, dengan dibantu oleh Kang Fikih. (transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.)
  • Pada pukul 15:38, seorang pelanggan datang untuk mengambil Laptop. Namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima, sehingga saya meminta informasi atas nama siapa pengambilan dilakukan. Setelah mendapatkan nama pelanggan, saya langsung memanggil teknisi yang menangani perbaikan Laptop tersebut untuk proses penyerahan.
  • Sekitar pukul 16:55, saya melayani seorang pelanggan yang datang untuk mengambil laptop yang telah selesai diperbaiki. Saya meminta tanda terima dari pelanggan tersebut, kemudian memindainya untuk menampilkan data pelanggan. Setelah memastikan kesesuaian nama pelanggan dan jenis barang, saya segera memberitahukan teknisi untuk menyerahkan laptop tersebut kepada pelanggan.
  • Sekitar pukul 17:20, saya membuka paket yang baru tiba, yang berisi satu unit laptop Lenovo ThinkPad.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 15:07, cek tf sudah pembelian Flashdisk Sandisk 32GB.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
  • Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)