JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 127 )

Jurnal Harian

Tanggal 4 November 2025


Hari : Selasa

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 09:00 - 11:00 )

  • Pukul 09:01 WIB, Absen pagi.
  • Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
  • Pada pukul 10:07 WIB, Kang Nurdiansyah meminta saya untuk mencetak bon tanda terima service.
  • Pada pukul 10:55 WIB, Kang Nurdiansyah meminta saya untuk mencetak bon tanda terima service.
  • Sekitar pukul 11:55 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.

Siang - Sore 
  • Pada pukul 12:58 WIB, Saya melayani sendiri pelanggan yang melakukan pembelian Tinta Epson 003 Original warna Black dan Magenta.
  • Sekitar pukul 14:00 WIB, saya bersama kang rukman mengantarkan printer ke lokasi rumah pelanggan.
  • Sekitar pukul 15:10 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Sekitar pukul 15.20 WIB, saya mempelajari serta mempraktikkan cara membuka harddisk laptop dan melakukan instalasi sistem operasi Windows 10 dengan dibimbing oleh kang Nurdiansyah. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis dalam bidang perakitan serta instalasi perangkat komputer.


  • Seperti biasa, Setiap kali transaksi dilakukan, baik oleh saya maupun karyawan, karyawan akan meminta pencetakan ulang sebagai bukti laporan atau untuk diserahkan kepada pelanggan.
  • Sekitar pukul 16:20 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Sekitar pukul 17:25 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil Laptop yang sudah diservis. Setelah itu, saya menyerahkan tanda terima pengambilan kepada teknisi untuk proses penyerahkan Laptop kepada pelanggan. Selanjutnya, pelanggan tersebut juga melakukan pembelian mouse, dan saya membantu proses pelayanan dengan mengambil mouse dari etalase serta menyerahkannya kepada pelanggan.
  • Sebelum Kang Nurdiansyah pulang, saya diberikan tanggung jawab untuk menjaga dan mengawasi proses instalasi Windows pada sebuah laptop. Setelah proses instalasi selesai dan laptop berhasil masuk ke tampilan Windows, Saya langsung melakukan shutdown sesuai dengan instruksi Kang Nurdiansyah yang telah pulang pada pukul 17.00 WIB. Hal tersebut dilakukan karena apabila proses dilanjutkan oleh saya, waktu yang tersisa tidak akan mencukupi dan sudah mendekati jam pulang saya pada pukul 18.00 WIB, sehingga proses selanjutnya akan dilanjutkan oleh Kang Nurdiansyah pada keesokan harinya.
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
  • Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)