JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 130 )

Jurnal Harian

Tanggal 7 November 2025


Hari : Jum'at

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman Nurdin ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 09:00 - 11:00 )

  • Pukul 09:03 WIB, Absen pagi.
  • Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
  • Pada pukul 09:20 WIB, Saya melayani sendiri pelanggan yang melakukan pembelian Kabel power cpu.
  • Seperti biasa, Setiap kali transaksi dilakukan, baik oleh saya maupun karyawan, karyawan akan meminta pencetakan ulang sebagai bukti laporan atau untuk diserahkan kepada pelanggan. (Bon service)
  • Pada pukul 09:44 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.

Siang - Sore 
  • Sekitar pukul 11:00 WIB, saya bersama K1 dan KT1 melakukan kegiatan pembungkusan kue ke dalam plastik-plastik sebagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan Jum’at Berkah.
  • Sekitar pukul 12:05, saya membagikan kue yang telah dibungkus tadi kepada orang-orang yang telah selesai melaksanakan salat jum'at.
  • Pada pukul 14:57 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Pada pukul 15:05 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Sekitar pukul 15:30 WIB, Saya melayani pelanggan yang melakukan pembelian Power Supply.
  • Pada pukul 16:41 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Sekitar pukul  16:50 WIB, saya melayani pelanggan yang melakukan pembelian Switch Hub, dengan bantuan Kang Nurdiansyah.
  • Seperti biasa, Setiap kali transaksi dilakukan, baik oleh saya maupun karyawan, karyawan akan meminta pencetakan ulang sebagai bukti laporan atau untuk diserahkan kepada pelanggan.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 13:40 WIB, cek tf sudah Pembelian PC.
- Sekitar pukul 14:00 WIB, cek tf.
  • Pada hari ini, kegiatan transaksi penjualan tidak terlalu banyak karena lebih banyak pelanggan yang datang untuk mengambil atau melakukan servis laptop maupun printer. Saya melayani pelanggan tersebut hingga proses pemanggilan teknisi untuk melakukan maupun menyerahkan hasil servis. Selain itu, saya juga membantu karyawan lain dalam berbagai kebutuhan operasional toko.
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
  • Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)