JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 132 )

Jurnal Harian

Tanggal 9 November 2025


Hari : Minggu

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 08:00 - 11:00 )

  • Pukul 08:00 WIB, Absen pagi.
  • Karena masuk shift pagi saya membersihkan toko, dan saya sebagai K1 tidak lupa menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan.
  • Melihat area kasir yang cukup berantakan, saya segera merapikan dan membersihkan area tersebut agar terlihat lebih rapi dan tertata.
  • Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
  • Sekitar pukul 09:35 WIB, Saya melayani sendiri pelanggan yang melakukan pembelian Tinta Brother, Kabel USB Printer 10M & 3M.
  • Seperti biasa, ketika barang baru datang, saya menulis kode pada barang, memberi label, dan merapikan barang yang sudah dilabeli ke dalam etalase/stok. ( Pada pukul 09:47 WIB, saya melabeli Cartridge, Switch Hub dan Modem Orbit Star G1 yang baru datang kemarin )
  • Pada Pukul 10:10 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil Laptop yang telah diservis. Setelah saya melakukan proses scan, Saya langsung memberitahukan kepada teknisi mengenai nama pelanggan yang melakukan pengambilan, karena saat tanda terima dipindai, akan muncul informasi berupa nama pelanggan dan jenis barang yang diambil. Selanjutnya, saya menyerahkan tanda terima pengambilan tersebut kepada teknisi sebagai bukti transaksi dan untuk proses penyerahan laptop kepada pelanggan.
  • Pada pukul 10:23, setelah melayani pelanggan yang mengambil laptop yang telah selesai diservis sekaligus membeli Dongle Bluetooth, kemudian saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat transaksi di aplikasi penjualan ( OSPOS ) lalu mencetaknya.
  • Pada pukul 10:42 WIB, saya melakukan proses retur pesanan karena pelanggan ingin menukar barang yang baru saja dibeli. Barang tersebut mengalami kerusakan, sehingga pelanggan meminta untuk menggantinya dengan barang lain yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Seperti biasa, ketika terdapat kontak pelanggan yang belum tersimpan, saya segera menyimpan kontak tersebut berdasarkan informasi yang tercantum pada bio WhatsApp maupun data yang sudah tersedia sebelumnya.
  • Seperti biasa, saat waktu senggang atau tidak ada pelanggan maupun pesan WhatsApp, sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata, sehingga tidak merasa bosan.

Siang - Sore 
  • Pada pukul 11:49 WIB, saya melakukan proses wrapping secara mandiri terhadap dua unit laptop Lenovo Thinkpad.
  • Sekitar pukul 13:00 WIB, saya bersama Kang Nurdiansyah melayani pelanggan yang melakukan pembelian kabel LAN Cat 5 sepanjang 10 meter.
  • Pada pukul 15:38 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan.
  • Pada pukul 16:25 WIB, saya melayani pengambilan laptop servis tanpa melakukan proses pemindaian tanda terima karena ponsel toko sedang digunakan oleh Kang Fikih. Selain itu, bagian kode pada tanda terima tersebut sudah dalam kondisi rusak, sehingga saya langsung menyerahkan tanda terima tersebut kepada teknisi untuk proses penyerahan laptop kepada pelanggan.
  • Sekitar pukul  16:50 WIB, saya melayani pelanggan yang melakukan pembelian Kertas Thermal, dengan bantuan Kang Nurdiansyah.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 16:11 WIB, cek tf sudah Pembelian HDD Case.
- Pada pukul 16:33 WIB, cek tf sudah pembayaran pergantian keyboard dan install ulang.
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya mendapat jadwal jaga pada hari Minggu atau saat tutup toko pukul 17:00 maupun 18:00 WIB, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
  • Pulang pukul 17:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)