JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 133 )
Jurnal Harian
Tanggal 10 November 2025
Hari : Senin
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 08:00 - 11:00 )
- Pukul 07:57 WIB, Absen pagi.
- Pada shift pagi, saya mulai dengan membersihkan toko dengan menyapu lantai hingga bersih, kemudian melanjutkan dengan mengepel. Sebagai K1, saya juga menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan sebagai persiapan transaksi. Setelah selesai mengepel, saya sekalian membersihkan bagian CCTV.
- Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
- Sekitar pukul 08:45 WIB, seorang pelanggan datang untuk mengambil perangkat yang telah diservis. Namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima pengambilan. Oleh karena itu, saya menanyakan informasi atas nama siapa perangkat tersebut diambil. Setelah mendapatkan informasi nama pelanggan, saya menyerahkan tanda terima pengambilan kepada teknisi untuk proses penyerahkan perangkat yang telah diservis kepada pelanggan. Transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.
- Sekitar pukul 09:10 WIB, saya merapikan barang-barang yang baru datang ke etalase sekaligus memisahkan barang yang akan dibawa ke cabang.
- Seperti biasa, ketika barang baru datang, saya menulis kode pada barang, memberi label, dan merapikan barang yang sudah dilabeli ke dalam etalase/stok. ( Sekitar pukul 09:20 WIB, saya melabeli Tp-Link Wireless N Router yang baru datang )
- Saya dan KT1 membuat vidio unboxing paket yang berisi Scanner.
Siang - Sore
- Sekitar pukul 11:00 WIB, Saya melayani sendiri pelanggan yang melakukan pembelian Tinta Epson ori 003 warna Black (Hitam). Transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.
- Pada pukul 12:29 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
- Pada pukul 13:15 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil Laptop yang sudah diservis. Setelah itu, saya menyerahkan tanda terima pengambilan kepada teknisi untuk proses penyerahkan Laptop kepada pelanggan.
- Sekitar pukul 14:00 WIB, saya membantu Pak Rukman melakukan proses wrapping pada laptop serta menempelkan spesifikasi pada laptop yang belum memiliki label spesifikasi.
- Sekitar pukul 14:50 WIB, Saya melayani pelanggan yang melakukan pembelian Mouse.
- Pada pukul 15:08 WIB, Saya melayani pelanggan yang melakukan pembelian Microphone M-Tech.
- Sekitar pukul 15:55 WIB, saya melayani pelanggan yang sebelumnya telah menghubungi melalui WhatsApp untuk menjual laptop. Selanjutnya, proses penjualan dilakukan oleh Kang Rukman dan Kang Nurdiansyah.
- Sekitar pukul 16:00 WIB, saya bersama Kang Rukman melakukan proses wrapping pada printer sambil menunggu pelanggan yang akan menjual laptop kembali ke toko.
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Sekitar pukul 08:50 WIB, cek tf sudah pembayaran sudah servis.
- Sekitar pukul 10:25 WIB, cek tf sudah pembayaran Ganti keyboard dan install.
- Sekitar pukul 11:05 WIB, cek tf sudah pembelian Tinta Epson ori 003 warna Black (Hitam).
- Sekitar pukul 14:20 WIB, cek tf sudah pembayaran servis PC.
- Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
- Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
- Pulang pukul 17:00 WIB.
Sedang menginstall Software


Komentar
Posting Komentar