JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 134 )
Jurnal Harian
Tanggal 11 November 2025
Hari : Selasa
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 08:00 - 11:00 )
- Pukul 08:01 WIB, Absen pagi.
- Pada shift pagi, saya mulai dengan membersihkan toko dengan menyapu lantai hingga bersih, kemudian melanjutkan dengan mengepel. Sebagai K1, saya juga menyalakan laptop untuk membuka aplikasi penjualan sebagai persiapan transaksi. Setelah selesai mengepel, saya sekalian membersihkan bagian CCTV.
- Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
- Sekitar pukul 08:40 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil laptop yang sebelumnya dibatalkan (cancel). Setelah itu, saya menyerahkan tanda terima pengambilan kepada Kang Rukman. Kemudian, Kang Rukman mengambil laptop tersebut dan meminta saya untuk menyerahkannya langsung kepada pelanggan.
- Pada pukul 09:51 WIB, saya melakukan proses wrapping pada laptop Axioo.
- Pada pukul 10:05 WIB, saya melakukan proses wrapping pada laptop Axioo, Asus dan HP.
- Sekitar pukul 10:30 WIB, saya melakukan pembersihan pada rak yang sudah berdebu agar tetap bersih, rapi, dan tertata dengan baik.
Siang - Sore
- Sekitar pukul 11:05 WIB, saya membantu Kang Rukman dalam melayani pelanggan yang membeli mouse dan keyboard dengan cara memasukkan barang tersebut ke dalam kantong plastik (kresek) dan menyerahkannya kepada pelanggan.
- Sekitar pukul 11:30 WIB, saya diminta oleh Kang Rukman untuk menyiapkan cartridge 680 yang akan dijemput oleh kurir GoSend. Transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.
- Sekitar pukul 14:00 WIB, seorang pelanggan datang untuk mengambil Laptop yang telah diservis. Namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima pengambilan. Oleh karena itu, saya menanyakan informasi atas nama siapa Laptop tersebut diambil. Setelah mendapatkan informasi nama pelanggan, saya segera memberitahukan kepada teknisi Laptop untuk melakukan proses penyerahkan Laptop yang telah diservis kepada pelanggan.
- Sekitar pukul 14.45 WIB, saya melayani pelanggan yang membeli hard disk dengan dibantu oleh Kang Fikih.
- Pada pukul 16:50 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil Laptop yang sudah diservis. Setelah itu, saya menyerahkan tanda terima pengambilan kepada teknisi untuk proses penyerahkan Laptop kepada pelanggan. Transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.
- Seperti biasa, Setiap kali transaksi dilakukan, baik oleh saya maupun karyawan, karyawan akan meminta pencetakan ulang sebagai bukti laporan atau untuk diserahkan kepada pelanggan. (Bon penjualan )
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Sekitar pukul 10:05 WIB, cek tf sudah pembelian Charger.
- Sekitar pukul 11:00 WIB, cek tf sudah pembayaran Reset dan Vakum.
- Pada pukul 14:58 WIB, cek tf sudah pembayaran service Printer.
- Sekitar pukul 15:00 WIB, cek tf sudah pembelian Webcam.
- Pada pukul 15:27 WIB, cek tf sudah pembayaran Cartridge.
- Pada pukul 17:00 WIB, cek tf sudah pembayaran service Laptop.
- Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
- Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata.
- Pulang pukul 17:00 WIB.

Komentar
Posting Komentar