JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 140 )

Jurnal Harian

Tanggal 17 November 2025


Hari : Senin

Nama : Putri Andini

Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )

Pembimbing PKL 

  1. Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
  2. Kang Rukman ( ditoko )


Hadir 45 menit sebelum toko buka 


Kegiatan

Pagi ( 09:00 - 11:00 )

  • Pukul 09:04 WIB, Absen pagi.
  • Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
  • Pada pukul 09:12 WIB, saya melayani pelanggan melalui chat WhatsApp yang memesan tinta Epson 003 original warna hitam sebanyak empat botol dan satu flashdisk SanDisk. Pelanggan meminta agar bon tinta dan bon flashdisk dibuat secara terpisah, sehingga saya menyiapkan barang pesanan dan membuat dua bon transaksi sesuai permintaan. Pada pukul 12:30 WIB, pelanggan datang ke toko untuk mengambil pesanannya, dan pembayaran dilakukan melalui transfer.
  • Pada pukul 10:05 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Pada pukul 10:23 WIB, saya membantu Kang Rukman melayani pelanggan yang melakukan pembelian Tinta Premium 1 Set dengan menyerahkan barang kepada pelanggan, serta memberikan uang kembalian.
  • Pada pukul 10:26 WIB, saya melayani pelanggan yang membeli Router dengan dibantu oleh Kang Rukman. Transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer.

Siang - Sore 
  • Sekitar pukul 12:50 WIB, saya bersama T2 mengantarkan printer ke toko cabang.
  • Sekitar pukul 13:00 WIB, Saya membantu KT1 melakukan proses wrapping pada printer yang sebelumnya telah dibuka oleh KT1 sebagai bagian dari tugas yang diberikan oleh Pak Ahmad.
  • Pada pukul 13:22 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Pada pukul 16:02 WIB, saya diminta oleh Kang Nurdiansyah untuk membuat bon service di Trello, yaitu dengan mengisi daftar yang diperlukan, termasuk melampirkan dokumentasi unit.
  • Pada pukul 17:35 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil laptop yang telah diservis. Saya meminta tanda terima pengambilan kepada pelanggan, namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima, sehingga saya meminta informasi atas nama siapa yang mengambil. Setelah mengetahui nama pelanggan, saya segera memberitahukan kepada teknisi Laptop untuk melakukan proses penyerahkan Laptop yang telah diservis kepada pelanggan.
  • Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 10:28 WIB, cek tf sudah Pembelian Router.
- Sekitar pukul 12:35 WIB, cek tf sudah Pembelian Tinta Epson 003 original warna hitam sebanyak empat botol dan satu flashdisk SanDisk
  • Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
  • Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
  • Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Repository Redhat

Install dan konfigurasi DNS Server

Install CMS (Menggunakan WordPress)