JURNAL HARIAN PRAKERIN ( Day 142 )
Jurnal Harian
Tanggal 19 November 2025
Hari : Rabu
Nama : Putri Andini
Tempat PKL : Ahmad Group Computer ( Toko 1 )
Pembimbing PKL
- Pak Syaiful Watoni ( disekolah )
- Kang Rukman ( ditoko )
Hadir 45 menit sebelum toko buka
Kegiatan
Pagi ( 09:00 - 11:00 )
- Pukul 08:59 WIB, Absen pagi.
- Tugas saya pada hari ini adalah menjaga bagian kasir secara penuh sekaligus memegang telepon seluler yang digunakan untuk keperluan operasional toko.
- Sekitar pukul 09:20 WIB, saya diminta oleh Kang Rukman untuk memeriksa kesesuaian jumlah barang yang baru datang. Setelah seluruh barang dipastikan sesuai, saya kemudian menuliskan dan melabeli kode pada barang tersebut.
- Pada pukul 09:47 WIB, saya membantu Pak Rukman dalam melayani pelanggan yang mengambil laptop hasil servis dengan membuat transaksi penyerahan.
- Sekitar pukul 10:15 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil laptop yang telah diservis. Saya meminta tanda terima pengambilan kepada pelanggan, namun, pelanggan tersebut tidak membawa tanda terima, sehingga saya meminta informasi atas nama siapa yang mengambil. Setelah mengetahui nama pelanggan, saya segera memberitahukan kepada teknisi Laptop untuk melakukan proses penyerahkan Laptop yang telah diservis kepada pelanggan.
Siang - Sore
- Sekitar pukul 11:00 WIB, saya membantu Kang Rukman dan Kang Rudi dalam melayani pelanggan yang membeli kabel VGA, kabel HDMI to HDMI, kabel listrik, serta stop kontak.
- Sekitar pukul 12:00 WIB, seorang pelanggan menelepon untuk menanyakan ukuran terpanjang kabel HDMI yang tersedia. Saya menjelaskan bahwa ukuran terpanjang adalah 15 meter. Pada pukul 12:35 WIB, pelanggan tersebut datang ke toko untuk melakukan pembelian secara langsung.
- Pada pukul 15:00 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil PC yang telah diservis. Setelah saya melakukan proses scan, saya langsung memberitahukan kepada teknisi mengenai nama pelanggan yang melakukan pengambilan, karena saat tanda terima dipindai, akan muncul informasi berupa nama pelanggan dan jenis barang yang diambil. Selanjutnya, saya menyerahkan tanda terima pengambilan tersebut kepada teknisi sebagai bukti transaksi dan untuk proses penyerahan PC kepada pelanggan.
- Pada pukul 15:18 WIB, saya melayani pelanggan yang datang untuk mengambil Printer yang telah diservis. Setelah saya melakukan proses scan, Saya langsung memberitahukan kepada teknisi mengenai nama pelanggan yang melakukan pengambilan, karena saat tanda terima dipindai, akan muncul informasi berupa nama pelanggan dan jenis barang yang diambil. Selanjutnya, saya menyerahkan tanda terima pengambilan tersebut kepada teknisi sebagai bukti transaksi dan untuk proses penyerahan Printer kepada pelanggan.
- Seperti biasa, saat ada customer yang membeli dan bayarnya melalu transfer, saya selalu mengecek apakah transfernya sudah masuk atau belum.
Cek TF:
- Pada pukul 11:18 WIB, cek tf sudah Pembayaran Ganti Engsel .
- Selama menjalankan kegiatan lain, saya selalu memprioritaskan dan tidak melalaikan tugas utama saya, yaitu memantau hp toko, hp service, hp online shop dan hp CCTV.
- Sebelum pulang sudah menjadi kegiatan rutinitas saya untuk merapikan area sekitar kasir agar tetap rapi dan tertata. Selain itu, setiap kali saya pulang pada pukul 18:00, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk selalu memastikan semua kabel yang tersambung dicabut untuk menjaga keamanan.
- Pulang pada pukul 18:00 WIB.

Komentar
Posting Komentar